TIPS MENCEGAH KARAT PADA PERKAKAS/BARANG DARI BESI



Karat atau bahasa ilmiahnya korosi adalah suatu hal yang paling ditakuti oleh para pemilik barang atau perkakas yang mengandung logam seperti besi. Dan, sangat tidak mungkin sekali kalau disetiap rumah yang berpenghuni tidak di temukan sama sekali satu barang yang terbuat atau mengandung besi.

 

Contoh kecilnya ketika kita pertama kali masuk rumah pasti ketemu pagar/tralis yang terbuat dari besi,. Melangkah lagi ke bagian depan rumah kita ketemu sama tungkai pintu besi.Dan setelah masuk rumah dari ruang tamu hingga perabotan dapur pasti kita temukan beberapa besi bergelimpangan.

 

Dan barang dari besi ini, kalau kita tidak pintar merawatnya sangat rentan akan terkena karat. Sedangkan si “karat”ini sendiri begitu cepatnya menjamur tatkala menemukan ladang yang pantas untuk digarap.

Karat/korosi ini bisa terjadi jika ada reaksi antara logam dengan zat-zat di sekitarnya. Seperti udara dan air, sehingga menimbulkan senyawa baru. Maksud senyawa baru di sini, adalah zat padat tapi rapuh berwarna coklat kemerahan dan berpori.

 

Tentunya kita tidak mau barang – barang kesayangan kita jadi korban si “karat” ini kan? Apalagi kalau barang yang sangat berharga buat kita, ditambah lagi susah didapatkan, seperti jam antik, cindera mata hingga kendaraan bermotor. Waw!!! Jangan dong.

Saya punya sedikit tips ringan biar barang kesayangan kita aman dari serangan karat. Lebih baik menjaga daripada harus kehilangan. Betul?

Ada yang tahu daun teh? Atau daun dari pohon kopi? Atau daun tembakau? Nah ketiga daun dari tanaman tersebut bisa mencegah karat.

 

Jadi nikotin pada daun tembakau dan kafein dari daun teh dan kopi ini, mengandung senyawa nitrogen yang bisa mencegah karat. Bahan penghambat panas, inhibitor, biasanya memang berbahan baku nitrogen karena ia mempunyai pasangan elektron bebas yang bisa menangkal karat.

Beberapa peneliti dari jurusan Kimia FMIPA Universitas Lampung menguji langsung dengan cara melapisi besi, tembaga, dan alumunium dengan ekstrak daun tembakau, teh dan kopi, dengan merendamnya dengan air.

 

Dan hasilnya, tidak ada karat yang muncul meskipun rendamannya berupa larutan garam!
Bagaimana, apakah Anda akan tetap pasrah barang – barang kesayangan jadi santapan si “karat”?

Selamat mencoba

0 komentar:

Posting Komentar