TIPS BENSIN LEBIH IRIT PADA MOTOR

Harga BBM akhir – akhir ini kembali merayap naik hingga memicu kenaikan pada beberapa kebutuhan hidup sehari –hari. Kebutuhan pokok , harga makanan, minuman, baju dan barang – barang lainnya  pun ikut melaju kencang. 

Ditengah himpitan ekonomi di jaman sekarang , semua itu terasa berat dijalani. Ya mungkin untuk sebagian orang, ini bukan masalah besar. Tapi bagi kalangan ekonomi menengah ke bawah, kalau tidak segera mengambil tindakan ini akan menjadi lebih ruwet.

 

Kenaikan seluruh barang kebutuhan ini, juga tidak seimbang dengan pendapatan yang kita terima. Tidak ada kebijaksanaan dari berbagai pihak, kecuali kita harus lebih bijaksana dalam menyikapi masalah ini.

Saya punya sedikit tips buat menghadapi kenaikan bbm, terutama harga bensin. Bagi yang memerlukannya, bisa mengikuti tips saya berikut ini. Informasi ini hanya mengatasi kelebihan pemakaian bensin motor pada point – point tertentu. Yuk kita simak.

 

Usahakan dalam berkendara untuk selalu mengendarai motor dalam dengan kecepatan standard atau santai . Jangan terlalu menggenjot gas atau ngebut, karena bahan bakar motor Sobat  akan cepat habis.

 

Selalu control filter udara pada motor agar selalu dalam kondisi bersih, tidak kotor. Filter udara yang bersih akan membuat tarikan gas menjadi lebih enteng . Otomatis motor berjalan dalam keadaan normal dan tidak ada hambatan dalam saluran bensin, sehingga menjadi lebih irit.

 

Kurangi penggunaan aksesoris berlebihan pada motor. Karena dengan bejibunnya aksesoris dan atribut pada motor, beban berat motor akan bertambah, kecepatan berkurang yang akhirnya pedal gas akan menggelontorkan bensin lebih banyak.

 

 Perhatikan busi motor Sobat. Apabila sudah tidak layak pakai karena sudah terlalu lama, berkerak dan kotor akan menjadi  masalah pada mesin motor, lebih baik diganti dengan yang masih layak pakai atau diganti dengan  yang baru. Busi memegang peranan penting dalam system pembakaran mesin motor. Pengaruh yang sangat besar dari busi yang sudah tidak relevan lagi, sangat terasa pada performa motor, gagal dalam mengkonversi bensin membuat motor membutuhkan energi yang lebih besar sehingga menghamburkan bensin untuk melawannya.

 

Tekanan angin pada ban harus terisi sesuai kapasitas. Gaya gesek yang lebih lebar dari keadaan ban yang melebar pada bagian bawah dengan aspal jalan, menjadikan motor membutuhkan tenaga ekstra untuk melaju. Bensin motor Sobat kembali menggelontor deras untuk melaju walaupun dengan kecepatan normal.

 

Satu hal yang kita anggap lebih keren dan maching kalau mengganti knalpot dengan style tertentu. Padahal, desain motor dengan knalpot original sudah disesuaikan untuk segala kemungkingan dengan mesin motor dan kualitas performa motor itu sendiri. Tanpa kita sadari, knalpot yang lebih nyentrik dengan suara besar atau bentuk yang lebih oke justru tidak mentolerir kran bensin motor kita.

Oke, itu tadi beberapa tips untuk lebih menghemat bahan bakar pada motor sobat. Semoga bermanfaat.
Selamat menikmati suguhan artikel lainnya di GARASI GRATIS.


0 komentar:

Posting Komentar